Belasan Kontainer Limbah Besi Masih di Terminal

  • Kamis, 3 Mei 2012 | 19:39 WIB

 

 

SEMARANG, KOMPAS.com – Sebanyak 11 peti kemas yang diduga mengangkut limbah besi yang mengandung zat berbahaya masih berada di Terminal Peti Kemas Semarang (PTKS). Manager TPKS Iskandar Zulkarnain mengatakan peti kemas tersebut sudah berada di TPKS sekitar tiga minggu.

“Awalnya ada sekitar 200 kontainer, namun hingga hari ini tinggal 11 kontainer sedang yang lain sudah diizinkan untuk keluar,” katanya, Kamis (3/5/2012).

Peti kemas tersebut diduga bermasalah dan sudah disegel oleh pihak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jateng-DIY.

“Kami mendapatkan surat resmi dari bea dan cukai agar kontainer dengan nomor-nomor tertentu tidak diizinkan untuk keluar dari terminal, terkait dengan alasan apa itu pihak bea cukai,” ujarnya.

Ia menambahkan, peti kemas tersebut merupakan milik tiga importir yang sudah tercatat di TPKS secara resmi. Banyaknya kontainer yang tidak diperbolehkan keluar tersebut semula sempat menimbulkan keterlambatan peti kemas lain di terminal.

Sebab itu pihak TPKS sebelumnya telah melakukan penambahan jumlah armada serta memindahkan kontainer tersebut di tempat khusus agar tidak terjadi penumpukan di terminal.

Terminal peti kemas ungkapnya hanya memberikan pelayanan, sedangkan terkait izin barang atau pengecekan isi peti kemas merupakan wewenang dari pihak bea dan cukai. Karenanya ia mengaku tidak tahu pasti kenapa kontainer tersebut disegel.

Puluhan kontainer yang berada di terminal tampak di segel oleh pihak bea dan cukai dengan kertas segel berwarna merah tertanggal 28 April 2012. Dalam pemeriksaan diduga kontainer berisi limbah besi yang mengandung bahan berbahaya.

Kontainer tersebut tampak berisi besi-besi bekas dan terlihat sudah berkarat yang diduga didatangkan ke Indonesia untuk diolah lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s