Warga Desak Bupati Tutup Pabrik Aki


Demo aki

BOGOR (Pos Kota) –  Kekesalan dan kegeraman warga  Kampung Cinangka, Kecamatan Ciampea,  terhadap keberadaan tempat pembakaran aki (accu) bekas di sekitar lingkungannya, membuat mereka mendemo Kantor Bupati Bogor, di Jl. Tegar Beriman, Cibinong, Jumat (17/5).

Mereka mendesak Bupati Bogor  segera menutup lokasi pembakaran aki yang dianggap telah mengganggu kesehatan warga.

Dalam aksi warga melibatkan puluhan ibu-ibu dan anak-anak sambil membawa berbagai psoter dari karton dan kardus. “Kami membawa ibu-ibu dan anak-anak, biar Bupati tahu, akibat pembakaran aki itu telah memnggangu pernapasan warga khusunya kaum ibu-ibu dan anak-anak,” ujar Udin Mahpudin, koordinator aksi.

Menurutnya, sejak beroperasi kembali pembakaran aki, warga sudah berulangkali melayang protes kepada  Kades Cinangka  dan Polsek Ciampae. “Tremasuk kami megmpulkan 320 tandatangan warga yang protes dengan keberadaan tempat pembakaran aki itu. Tapi hingga kini lokasi itu masih melakukan aktivitasnya. Kini kami berharap Buapti segera menutupnya,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan warga Kampung Cinangka memprotes keberadaan delapan lokasi tempat pembakaran aki di sekitar tempat tingalnya. Semula wraga hendak menutup sendiri loaksi pembakaran aki tersebut, namun dilarangsejumlah tokoh masyrakat setempat.

“Berbagai upaya sudah kita lakukan. Jika Bupati tak juga menutupnya, biarkan kami sendiri yang melakukannya,” timpal pendemo lainnya.

Salahsatu pendemo ibu-ibu, Ny, Ratna menyatakan, pembakaran aki bekas telah mebuat dua ankanya yang maish balita mengalami fanagu pernapasan dan terjangkit inspeksi saluran pernapasan akut (ispa). “Meski pembakarannya dilakukan malam hari, tapi asapnya masih tercium pada pagi hari,” katanya.

Setelah berorasi dengan mendapat pengawalan dari Polres Bogor dan Satpol PP Kabuapten Bogor, sejumlah pewarkilan pendemo diterima staf Badan Lingkungan Hidup, Badan Perzinan Terpadu dan Diskominfo Kabupaten Bogor.

“Kita sudah meneriam surat protes yang ditantangani 320 wara. Kita akan tindaklanjuti dengan mengeceknya, jika terbukti kita langsung tutup,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor Lutfie.  (iwan/d)

Teks gambar; Warga mendesak Bupati Bogor menutup loaksi pembakaran aki bekas. (iwan)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s