Tempat Pembakaran Aki Bekas Bikin Warga Geram

 


akibekas175

BOGOR (Pos Kota) – Setelah diprotes dan didemo warga, tempat pembakaran aki bekas yang bikin resak sempat ditutup. Namun, sejak sebulan ini kembali beroperasi sehingga meresahkan warga Desa Cinangka Kecamatan Ciampea. Warga mengaku asap pembakaran aki bekas itu mengganggu pernafasan terutama pada anak-anak.

Meski pembakaran dilakukan petang hingga dinihari, namun asapnya masih menggangu pernafasan. “Anak-anak, banyak yang mengalami sesak napas atau inpfeksi saluran pernapasan akut (ispa),” kata Ryan, warga Cinangka RT 02/09 Kecamatan Ciampea.

Menurutnya pembakaran aki bekas in idilakukan beberpa warga. Sebelumnya pada 2011 lalu, warga memprotes dan mendemonya sehingga tempat pembakaran aki itu ditutup. “Tapi kini beroperasi lagi. Kami sudah mengumpulkan sekitar 320-an tanda tangan di atas surat pernyataan penolakan aktivitas pembakaran aki bekas. Surat pernyataan ini sudah kita serahkan ke Kades Desa Cinangka,” timpal Oyon,warga lainnya.

Menurutnya, semula warga hendak mendatangi dan merusak tempat pembakaran aki tersebut, tapi dicegah sejumlah tokoh masyarakat.”Jika surat penolakan itu tak juga ditanggapi kami akan bertindak sendiri,” ujar warga lainnya.

Kades Cinangka, Cecep Soleh Mansur mengaku sudah berulangkali minta delapan pengusaha pembakaran aki yang bukan warga setempat, untuk menghentikan aktivitasnya, tapi tak digubrisi. ”Mereka beralasan itu mata pencaraiannya sebab dari pembakaran aki diambil timahnya lalu dijual,” katanya.

Sebelumnya sekitar 2011 lalu tempat pembakaran aki ditutup setelah diancam warga mau dirusak. “Kita tak mau dengan kekerasan, sebab itu kita akan libatkan aparat kepolisin dan TNI untuk dimusyawarahkan, sekaligus dicarikan solusi buat lokasi tempat pembakaran aki agar jauhg di sekitar tempat tinggal warga,” katanya.

Sedangkan Kapolsek Ciampea, Indarto mengatakan pihaknya harus berkoordinasi dengan aparat desa untuk melakukan langkah berikutnya. Sebab, kepolisian hanya bagian dari penegak hukum. “Namun, jika diperlukan, kami bisa melakukan penindakan kepada pengusaha pembakaran aki karena sudah ada bentukpernytaan protes dari warga,”ujarnya. (iwan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s