Mengatasi Pencemaran Citarum Butuh ‘Action’ Bupati

 

 

 

 

 

 

KARAWANG, KarawangNews.com – Pencemaran limbah industri di Sungai Citarum masih bisa diatasi, hanya butuh ‘action’ bupati mengumpulkan semua perusahaan yang ada di Kabupaten Karawang supaya memiliki lokasi pengolahan limbah B3 sendiri. Selain mencegah mencemari Sungai Citarum, pengolahan limbah ini bisa mengembangkan transaksi ekonomi yang cukup besar.

Ini diungkapkan Ketua DPC PKB Karawang, H. Jazs (Jimmy Ahmad Zamakhsyari) di acara ‘ngadu bako’ dengan pengurus DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Nurul Iman, Perumahan Bintang Alam, Senin (8/4/2013) malam. Kata dia, saat ini banyak perusahaan nakal yang membuang limbah ke Sungai Citarum.

“Saya sudah melakukan sidak ke seluruh mata air dan semuanya habis tercemar oleh limbah industri itu,” kata H. Jazs.

Diakuinya, dia belum tahu pasti kapan Karawang ini jadi daerah industri, tetapi Sekretaris Komisi C DPRD Karawang ini menegaskan, banyaknya industri di Karawang telah menyebabkan kerusakan besar bagi lingkungan. Menurutnya, jika bupati tegas meminta semua perusahaan untuk mengormati lingkungan dengan cara tersebut, maka pencemaran itu bisa diminimalisir dan dihilangkan.

“Jika perusahaan itu tidak mau mendengar bupati, tahun depan coret saja ijinnya di Karawang,” tegasnya.

Kata dia, untuk mengurangi pencemaran polusi udara, air dan lingkungan tanpa harus menghapus pabrik-pabrik yang sudah ada, kini tinggal bagaimana pengelolaannya supaya tidak ada lagi pencemaran. Se-Kabupaten Karawang, tersisa 15 kecamatan yang tidak boleh dialih fungsikan untuk lahan industri, kecamatan tersebut harus tetap dipertahankan sebagai area pertanian dan tambak ikan. (spn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s